Pages

Saturday 25 October 2014

Grebeg Suro 2014

Grebeg Suro adalah acara tradisi kultural masyarakat Ponorogo dalam wujud pesta rakyat. Seni dan tradisi yang ditampilkan meliputi Festival Reog Nasional, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka, dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel. Grebeg suro merupakan acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Muharram (1 Suro pada tahun Jawa). Acara ini merupakan kegiatan awal dalam menyongsong Tahun Kunjungan Wisata Jawa Timur setiap tahun. (sumber)

Antusiasme masyarakat tak pernah alpa menyambut hajatan setahun sekali ini. Seperti yang terlihat saat event Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka Jumat sore kemarin, 24/10/2014
Puluhan ribu warg Ponorogo memadati jalur kirab mulai dari Kota Lama (Makam Bathoro Katong, Pasar Pon) menuju Kabupaten Ponorogo saat ini.

Rombongan kirab didahului oleh pembawa pusaka kemudian kereta kuda yang dinaiki pejabat ponorogo dari Bupati,Kapolres dan berbagai instansi.
Dalam pawai ini ditampilkan pula napak tilas sejarah dari para tokoh sejak era Wengker hingga Ponorogo. Berbagai sekolah mengirimkan kendaraan hias yang menarik. Hadir pula kesenian jaranan Turonggo Wengker menghibur warga di sepanjang rute kirab.
  
Ribuan warga rela berpanas-panasan demi menanti Pawai Lintas Sejaran dan Kirab Pusaka. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia tak ingin ketinggalan acara ini.
Namun, Kirab Pusaka tahun ini sedikit mengecewakan. Acara ini dimulai terlalu sore, sehingga sebelum acara benar-benar selesai warga segera membubarkan diri karena sudah masuk waktu sholat maghrib.
Sedikit masukan untuk penyelenggara agar mematangkan perkiraan waktu perjalanan Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka ini, sehingga masyarakat tidak perlu kecewa karena menanti terlalu lama namun harus bubar di tengah perjalanan acara karena hari hampir gelap.

Semoga Pawai Lintas Sejaran dan Kirab Pusaka tahun depan lebih baik lagi. Tetap bangga jadi putra-putri Ponorogo yang menjunjung tinggi adat istiadat dan kebudayaan daerah Ponorogo.

Ohya, 
Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah!   ~~\(´μ`。)/~~

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com