Pages

Tuesday 8 April 2014

Kapan Move on?


Malam itu, langit tampak berseri. Ditemani dengan cahaya bulan dan kerlip bintang yang bertaburan. Tumben aja gak mendung, biasanya jam segitu udah turun hujan. Jadi bikin betah  berlama-lama di luar rumah. Kalo udah mandang langit malem-malem gini bawaannya pasti kangen seseorang. Gatau kenapa  -_- . Gue ambil hape trus ngetik sebuah pesan singkat. Lebih tepatnya penggalan lirik lagu. Kira-kira begini
"♬ Bulan sabit melengkungkan senyummu. Tabur bintang serupa kilau auramu ♬"
Pas liat perintah ‘send to’, gue bengong. Menghela nafas panjang. Ohh jadi gini toh rasanya jadi seorang secret admirer yang lagi kangen dan gak tau harus berbuat apa. Lebih tepatnya gak bisa berbuat apa-apa. Gak mau sia-sia, pesan singkat tadi lantas gue kirim ke sahabat gue, Elma. Dia adalah sahabat gue yang sangat asoy. Nyaman aja rasanya kalo curhat ke dia. Lalu terjadilah pecakapan diantara kita malam itu lewat pesan singkat.

Seperti biasa, dengan kadar ke-PD-an yang sudah overdosis,  dia membalas kek gini:

“Jangan gitu ah... Jadi nggak enak gw.. Hahaha” 

“ma... Aku... kangen :(

“Kangen siapa? Aku?”

“AIS  -____-“

“Arsenal Indonesia Supporter maksudmu? Waaah, tau AIS juga yo..hahaha” (mulai ngaco lagi)

“Bukan ah :|

“Hahaha becanda ah.. Susulin aja kesono.”

“Hem -___-
Kapan aku bisa bener-bener mup on dari ntu bocah? :(

“Lha kapaaan? Yang tau kan kamu sendiri.”

*Deg* lalu gue berfikir. Ada benernya juga kata-katanya Elma. Move on itu bukan masalah bisa ato nggaknya kita, tapi mau ato enggaknya kita buat bener-bener ngelakuin hal itu. Jadi percuma kalo kita gembar-gembor “Gue udah move on. Seriusan gue udah move on!” tapi kenyataannya masih suka kangen diem-diem. Sahabat memang tau kapan harus memberi semangat pada kita ketika sedang sedih gegara dia yang kita taksir tak kunjung peka. Sahabat juga tau kapan harus menampar kita agar kita segera bangun dari mimpi-mimpi yang mungkin sudah terlampau tinggi dan nggak mungkin buat kita gapai. ‘tampar gue maa... tampaarrr gueee!’

Dalam sesi sms-an malam itu dia juga sempet cuhat mengenai cowo yang dia taksir baru aja jadian tapi bukan sama dia.

“Gue ngrasa kehilangan dia banget men” keluhnya.

“Semenjak dia jadian kah?” Kucoba memastikan.

“Iya.. backup chatnya udah aku delete semuanya kemarin. Ngerasa kehilangan banget meeen...”

Dan gue cuma bisa *pukpuk*-in dia. Gue adalah sahabat yang payah karena nggak tau harus bilang apa ketika dicurhatin kek gitu. Seketika speechless.

Beberapa menit kemudian dia bales sms gue dengan quote bahasa jawa yang jleb banget artinya.

“Ora pernah nduweni dudu berarti ora pernah ngroso kelangan, justru luwih loro kui ngroso kelangan tanpa pernah nduweni.”
Dan gue tahu sekarang gimana perasaannya Elma, yaa mungkin 11-12 denganku lah. Kita cuma bisa diem. Mau ngelakuin apapun ga akan ngerubah keadaan.

Kehidupan secret admirer itu bener-bener berat. Kita gak ada hak buat marah, buat cemburu, ke dia yang memang bukan siapa-siapanya kita. Kita cuma bisa memandang dia dari jauh. Liat senyumnya, atau kalo beruntung bisa dengerin suaranya langsung. Emang sih bisa bikin seneng, tapi diem-diem. Kalo kangen suka curhat terselubung lewat puisi (yang tentunya gak pernah dia baca). Apalagi kalo lagi nyesek, sedihnya juga harus dipendem sendiri. Semuanya serba diem-diem. Pada akhirnya, secret admirer itu hanya bisa "menerima". Apapun yang terjadi dengan orang yang mereka sukai. Mungkin udah jadian, atau...

 Bener kata bang Raditya Dika, hidup ini adalah pilihan. Pilihan buat nyatain semua perasaan lo ke orang yang lo suka, atau nyimpen semuanya diam-diam. Dan gue lebih milih opsi kedua. Alasan pertama tentu saja karena gue cewe. Rasanya aneh jika seorang cewe nyatain perasaannya ke cowo yang dia suka. Meskipun persamaan gender telah diberlakukan berkat semangat emansipasi wanita dari Ibu Kita Kartini. Tapi untuk hal yang ini, jujur gue angkat tangan. Gue emang lebih milih diem dan ngelanjutin hidup gue sebagai secret admirer. Alasan lain adalah dengan melihat orang yang kita taksir bahagia dengan hidupnya meski tanpa kita, itu akan membuat kita ikut bahagia. Meskipun sejujurnya ini adalah hal yang sulit. Dan yang pasti kita harus ikhlas, tentang apa yang diperjuangkan nyatanya memang belum menuai hasil. Mungkin begitu juga dengan Elma. Dia harus bangun dari semua mimpi-mimpinya tentang orang yang dia taksir. Belajar buat melupa tentang rasa yang pernah ada.

http://www.pakargalau.com/wp-content/uploads/2013/06/Move-onb.jpg
“Terkadang yang kita inginkan bisa jadi yang tidak sesungguhnya kita butuhkan.”

Hey, Life must go on, babe!

Banyak yang bisa kita lakukan selain hanya memikirkan dia yang gak sekalipun memikirkan kita. Berbahagialah, hatimu juga butuh tersenyum tulus sesekali. Kehilangan seseorang yang nggak pernah kita miliki merupakan bukti nyata bahwa kita lebih kuat dari apa yang mereka pikir. Kita bisa melewati semuanya, dan baik-baik saja. Dan jangan pernah takut untuk jatuh cinta (lagi).



No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com